Kumpulan artikel dan tips seputar VCC dan PayPal

Belanja Online: PayPal atau Kartu Kredit?

Kartu kredit memiliki kaitan yang erat dengan PayPal. Kartu kredit digunakan untuk proses verifikasi PayPal. Setelah itu kartu kredit digunakan sebagai sumber dana untuk proses pengiriman uang atau pembelian dengan menggunakan PayPal. Ini dilakukan jika tidak tersedia dana (saldo) yang cukup pada akun PayPal.

PayPal tidak memiliki fitur tambah dana. Walaupun kita bisa melakukan tarik tunai (withdraw) ke bank lokal Indonesia, namun kita tidak bisa mengisi saldo PayPal dari bank lokal Indonesia. PayPal akan mendebet kartu kredit yang telah ditambahkan ke akun untuk proses pengiriman uang atau pembelian dengan menggunakan PayPal. Dengan demikian timbul pertanyaan, lantas apa gunakan PayPal jika tetap menggunakan kartu kredit untuk proses pengiriman uang atau pembelian barang secara online?

Kenyamanan saat berbelanja secara online merupakan pertimbangan yang penting oleh pihak pembeli. Berbelanja secara online di Internet mengharuskan kita untuk mengirimkan informasi keuangan yang sensitif yang mana dapat dicuri dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk menggunakan PayPal atau kartu kredit saat berbelanja secara online.

PayPal

Melindungi informasi kartu kredit. Salah satu keunggulan berbelanja dengan PayPal adalah kita tidak perlu memberikan informasi kartu kredit ke pihak penjual. Kita cukup masuk ke akun PayPal, pilih menu bayar, selesai. Informasi kartu kredit hanya kita berikan pada pihak PayPal. Hal ini merupakan salah satu cara untuk melindungi kartu kredit kita saat berbelanja secara online.

Kartu Kredit

Beberapa ahli keuangan menyarankan untuk menggunakan kartu kredit untuk berbelanja secara online. Pemilik kartu kredit diberi hak untuk melakukan protes atau klaim jika terjadi transaksi yang tidak sah. Beberapa kartu kredit memiliki fitur kartu kredit virtual. Kartu kredit virtual dibuat untuk melakukan transaksi secara online tanpa memberikan informasi kartu kredit yang sebenarnya.

Perlindungan Sendiri

Tidak ada sistem yang sempurna. Kita harus bisa melakukan langkah antisipasi untuk melindungi kartu kredit kita, baik digunakan secara langsung ke pihak penjual atau dengan PayPal. Untuk bahasan ini akan saya bicarakan di lain kesempatan.

Pendapat Pribadi Penulis

Bagaimana dengan saya? Untuk berbelanja secara online saya memilih menggunakan PayPal. Salah satu alasannya adalah keamanan. Ya, walaupun tidak bisa dikatakan 100% aman, namun saya tidak ingin membagikan informasi kartu kredit saya ke banyak penjual jasa atau barang di Internet. Bagaimana dengan Anda? Silakan tulisan pendapat Anda melalui komentar di bawah ini.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca juga

Sedikit Tahu tentang eBay

eBay adalah ajang pasar online dunia. Tempat bagi pembeli dan penjual berhimpun dan berdagang apa saja. Diluncurkan tahun 1995, eBay diawali sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan. Sejak itu, eBay telah berkembang menjadi ajang pasar tempat Anda dapat menemukan segala sesuatu, dari ponsel dan DVD hingga pakaian, barang koleksi dan […]

Apa itu E-check ?

Baru aja ada customer yang tanya2 soal echeck, gara2 ga ngerti jadi ga bisa jawab deh. Maaf yaw. Saya bener2 ga ngerti. Tp sekarang dah ngerti kok :p Tanya lagi donx ho8 Echeck itu : You sent a request for money to someone and the payment came back in the form of an eCheck. What […]

Tips Menghindari Limited Access saat menggunakan VCC

Tips menghindari Limited Access saat menggunakan VCC: 1. Jangan login Paypal atau verifikasi di komputer publik. 2. Sebelum Login bersihkan dulu cookies di browser anda. Bagaimana cara membersihkan cookies, silahkan di google panduannya. 3. Pastikan koneksi internet sedang bagus, jika sedang lambat, sebaiknya ditunda dulu proses verifikasinya. 4. Setelah berhasil memasukkan VCC ke account paypal, […]